Living at the moment


Pernah nggak, sih, sebagai kaum millenial kamu memiliki pressure tersendiri untuk mendapatkan masa depan yang “sukses”? Nah, kalau bagi aku pribadi pressure itu sendiri pasti ada. Tak jarang, hal tersebut membuatku sering merencanakan sesuatu di masa depan yang bahkan aku nggak tahu bakal terjadi atau tidak. Aku juga sering berandai-andai tentang kesuksesanku di masa depan nanti. 

Sebenarnya, hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak perlu dipikirkan. Hanya saja ketika kita lebih fokus pada masa depan dan mengabaikan apa yang dapat kita lakukan hari ini, itu bukanlah langkah yang tepat untuk meraih kesuksesan. Seperti yang sudah pernah aku tulis di blog tentang mindset, ada yang namanya growth mindset. 

Growth mindset ini cenderung berfokus pada perkembangan individu setiap hari. Bukan berarti mindset ini mengabaikan “kesuksesan masa depan”. Growth mindset lebih kepada mengutamakan perkembangan dan pembelajaran yang mana dapat berguna untuk impian yang ingin diwujudkan di masa depan. 

Jadi intinya, berfokus pada apa yang dapat dikembangkan dan dipelajari hari ini. Kalau dari buku Mindset milik Carol Dweck yang aku baca, ada salah satu cara yang mungkin dapat kamu coba. Caranya adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan setiap hari dan dibarengi dengan aksi setelahnya. Pertanyaannya berupa :

1. Peluang apa saja yang dapat aku gunakan untuk berkembang hari ini?

2. Kapan, di mana, dan bagaimana akan memulai rencanaku?

3. Kapan, di mana, dan bagaimana aku akan melaksanakan rencanaku?

Pertanyaan pertanyaan tersebut realisasikanlah dengan kegiatan pengembangan yang ingin dilakukan. Setelah berhasil melakukannya lanjut  ke pertanyaan “Apa yang harus aku lakukan untuk mempertahankan dan melanjutkan perkembangan tersebut?”. Sehingga kegiatan pengembangan diri juga proses belajar dapat dipertahankan dan dibiasakan untuk dilakukan setiap hari. 

Menurutku pribadi, fokus pada apa yang dapat kita lakukan hari ini juga bisa mengurangi overthinking. Sebab, pikiran kita terarah pada hal hal kecil yang terjadi at the moment. Hal hal yang mungkin sering kita hadapi setiap harinya. Bukan malah pada hal hal besar yang belum tentu kita alami di masa depan. 

Kalau boleh sedikit bercerita, aku ingin sekali menjadi penulis yang sukses saat dewasa nanti. Dulu aku sering berandai-andai bagaimana rasanya menjadi penulis yang karyanya dibaca banyak orang. Namun, ada banyak sekali kesalahan yang aku lakukan dulu. Aku hanya sibuk berandai dan membaca buku buku karya orang lain tanpa benar benar mengambil langkah. 

Menulis hanyalah kegiatan yang aku lakukan di saat ingin saja. Aku tidak pernah benar benar serius untuk mengembangkan kemampuan menulisku ini. Tidak pernah mengikuti lomba tulis, tidak pernah membuat platform sendiri untuk mulai menulis, dan masih banyak lagi. Aku sudah lebih dulu minder dan tidak percaya diri. 

Lalu, seiring waktu aku sudah mulai menemukan kepercayaan diri dan motivasiku sendiri untuk mulai berani menulis “di hadapan banyak orang”. Aku mulai membuat blog, memuat banyak cerita pendek di wattpad, dan mengikuti berbagai lomba menulis. Meskipun saat ini tulisanku masih ala kadarnya dan belum mumpuni, aku tetap percaya pada perkembangan bakat yang suatu saat nanti dapat aku tuai hasilnya.

So, mari memulai karena milik kita adalah hari ini. :)

Comments

Popular Posts