mindset dan cara pandang terhadap kesuksesan


Saat saat #dirumahaja kayak gini, aku lebih sering meluangkan waktu untuk nonton film, ngerjain tugas, melakukan hal hal yang banyak ditunda waktu hari biasa, nulis, ataupun baca buku. Ngomong ngomong tentang membaca, baru baru ini aku lagi baca buku Mindset karya Carol Dweck. Buku ini membahas bagaimana mindset kita berpengaruh besar terhadap karakter, tujuan yang kita pilih, ataupun kesuksesan kita.

Buku ini menjelaskan bahwa ada 2 jenis mindset  yang dapat membedakan cara berpikir manusia. Mindset tersebut adalah fixed mindset (mindset tetap) dan growth mindset (mindset tumbuh).

Singkatnya fixed mindset atau mindset tetap adalah pola pikir seseorang yang  percaya pada sifat dan kemampuan alami. Jika dihubungkan dengan keberhasilan, maka orang yang memiliki mindset tetap, percaya bahwa keberhasilan timbul dari bakat alami dan tanpa/sedikit usaha. 

Berbeda dengan growth mindset, yakni pola pikir seseorang yang percaya pada usaha dan kerja keras. Orang orang ini percaya keberhasilan ditentukan oleh usaha yang sungguh sungguh. Mereka juga percaya bahwa kemampuan seseorang dapat meningkat jika dibarengi usaha. 

Diungkap di buku Mindset, orang orang yang memiliki mindset tetap atau fixed mindset itu cenderung memiliki tingkat keberhasilan yang kecil. Kalaupun mereka berhasil, maka mereka akan cenderung tidak seberhasil orang orang yang memiliki mindset tumbuh (growth mindset)

Pada buku Mindset lebih banyak lagi menjelaskan hal hal menarik tentang mindset dan apa saja yang dapat dipengaruhi oleh mindset kita. So, kalau penasaran aku recommend banget untuk beli buku ini. 

Namun, disini aku pengen banget jelasin tentang fixed mindset dan ciri cirinya. Sebab, dari paparan di atas, kamu sudah tahu bahwa fixed mindset termasuk pola pikir yang tidak berkembang dan tidak bisa menghantarkan kamu pada kesuksesan yang ingin kamu raih. Dan seperti kata Carol Dweck, hanya dengan paham tentang kedua mindset tersebut, kamu bisa bereaksi dengan cara baru. Dengan kata lain, jika kamu sebenarnya memiliki fixed mindset dan ingin mengubahnya, hanya dengan mengetahui ciri cirinya saja maka kamu akan bisa mengubahnya.

Ini lah 4 ciri ciri yang bisa aku simpulkan bahwa seseorang memiliki fixed mindset. 

1. Berpikir bahwa keberhasilan sekarang yang dimiliki dapat menetukan dirimu selamanya

Ini artinya, orang orang yang bermindset tetap percaya jika kesuksesan yang mereka miliki sekarang dapat menentukan jati diri mereka seluruhnya. Contoh, jika kamu mendapatkan nilai 99 pada pelajaran matematika di semester pertama. Maka kamu berpikir bahwa sebenarnya kamu pandai matematika dan pada semester berikutnya , tanpa usaha yang keras sekalipun, kamu mampu mendapatkan nilai sempurna lagi. itulah ciri ciri orang yang punya mindset tetap.

2. Berpikir bahwa kesuksesanku adalah kegagalanmu

Sebelum membaca buku ini, aku sering kecewa dan sedih jika orang orang yang dekat denganku bisa sukses. Karena itu artinya aku adalah orang gagal. Orang yang tidak bisa melampaui atau sejajar dengan kesuksean mereka. Namun, ternyata ini adalah ciri ciri seseorang yang memiliki fixed mindset, lho. Orang orang yang punya growth mindset beranggapan bahwa kesuksesan seseorang adalah hal yang mengagumkan atau sesuatu yang dapat memotivasi mereka untuk meraih kesuksesan juga.

3. Berpikir bahwa kesuksesan mampu menjadikan mereka sebagai seorang yang superior 

Orang orang yang memiliki fixed mindset lebih memilih keberhasilan daripada menjadi berkembang. Sebab dengan keberhasilan mereka merasa superior dan istimewa. Dengan adanya rasa superior tersebut menimbulkan keinginan untuk diakui oleh semua orang. 

4. Takut menghadapi tantangan 

Nah, pasti ada yang pernah takut jika dihadapkan oleh sesuatu yang menurut kamu sulit, bukan? Aku pun pernah merasakan hal seperti ini. Pada dasarnya orang orang yang memiliki growth mindset itu pribadi yang mengutamakan kemungkinan bahwa dirinya bisa berkembang dan lebih hebat. Maka dari itu, mereka menganggap bahwa kegagalan dapat memberikan mereka pelajaran untuk berkembang. Sehingga tantangan dan resiko apapun yang akan mereka hadapi itu tidak menjadi masalah besar. 

Sebaliknya, orang orang yang memiliki fixed mindset percaya bahwa kegagalan akan menjadi label pada dirinya. Perasaan superior dan istimewa itu akan hilang. Jadi, orang orang bermindset tetap (fixed mindset) sering merasa takut akan sebuah tantangan karena mereka tidak ingin adanya kegagalan.

***

Nah , itu tadi 4 ciri ciri orang yang bermindset tetap. Sebenarnya, di buku Mindset masih banyak lagi ciri ciri dan hal menarik lainnya tentang mindset. Jadi sekali lagi, aku recommend untuk baca bukunya. 

So, aku harap dengan kamu bisa mengetahui apa saja ciri ciri dari orang yang memiliki fixed mindset (mindset tetap) ini bisa dijadikan acuan untuk mengevaluasi diri, berkembang, dan menjadi manusia yang lebih baik nantinya. 

Salam aksara!

Comments

Popular Posts