The morning routine that changed my life


Produktifitas menjadi salah satu komponen penting dalam meraih kesuksesan. Terlebih lagi, kebiasaan atau habit yang kita lakukan sehari hari juga dapat berpengaruh terhadap masa depan.  Jika kita membiasakan habit yang positif dan bermanfaat maka tentulah kita akan lebih mampu meraih kesuksesan. Salah satu kebiasaan baik yang dapat kita lakukan adalah rutinitas produktif di pagi hari. 

Seseorang yang terbiasa melakukan kegiatan positif dan produktif sejak pagi hari maka sepanjang harinya ia mampu melaksanakan tugas atau pekerjaannya dengan produktif juga. Maka dari itu, daripada setelah bangun tidur kita mengecek hp dan wasting time karena scrolling info terupdate di media sosial lebih baik kita menggunakan waktu pagi untuk melakukan hal yang produktif. Nah, kali ini aku juga ingin membagikan sedikit rutinitas produktif pagi hari yang biasa aku lakukan. Meskipun ini sederhana, semoga dapat membantu kalian untuk dapat mengubah morning routine kalian agar lebih produktif lagi.

1. Meditasi

Meditasi memiliki banyak banget manfaatnya nih. Aku yang literally baru sebulan melakukan meditasi pun sudah merasakan manfaat dari rutin melakukan meditasi di pagi hari. Dan salah satu manfaat meditasi adalah membantu kita lebih fokus in the present moment. Jadi, musuh produktifitas yakni multitasking akan lama kelamaan jarang kita lakukan lagi.

Bagi kalian yang masih baru atau pemula melakukan meditasi, kalian bisa melakukannya cukup 5 sampai 10 menit dalam sehari. Karena jika kita langsung melakukan meditasi selama 30 menit, otak kita tidak terbiasa dan akan cepat bosan. So, lakukanlah dengan small step terlebih dahulu. 

2. Baca buku

Tentulah kita semua sudah paham betul bahwa buku merupakan jembatan ilmu. Informasi, ilmu, dan perpektif dari penulis terhadap sesuatu hal bisa kita dapat setelah membaca buku, entah itu buku fiksi maupun nonfiksi. Buku bisa mengajarkan banyak arti, menjawab pertanyaan dalam benak kita, membuka pandangan terhadap dunia, dan masih banyak lagi. Membaca buku di pagi hari juga bisa menyegarkan otak kita sebelum kita beraktifitas di tempat kerja ataupun sekolah. 

Aku biasa membaca buku minimal 2 lembar pada pagi hari. Meskipun tidak setiap saat, tetapi setidaknya aku mencoba rutin membaca buku sebelum beraktifitas. In my case, membaca buku dapat membentuk semangatku untuk belajar di sekolah. 

3. Minum air putih

Menurut penelitian minum air putih di pagi hari memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat meredakan stress. Kita bisa lebih rileks untuk mengatasi stress yang kita dapatkan di hari sebelumnya. So, dengan meminum air putih pikiran kita akan lebih fresh dan dapat menjalani aktivitas seharian dengan lebih baik.

4. Melakukan to do list

Pada malam hari menjelang tidur, aku biasa membuat to do list untuk aku lakukan di hari berikutnya. Jika pada pagi hari memungkinkan untuk melakukan to do list tersebut maka i will do it. To do list sebenarnya tidak harus sesuatu yang berat dan kompleks. Cukup sesuatu yang dapat menjadi petunjuk apa saja yang harus kamu lakukan di sepanjang hari agar kamu dapat menjadi seseorang yang produktif.  

5. Olahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga itu menyehatkan both physically and mentally kita. olahraga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan dan dapat menjadi sarana penyembuhan kita dari stress yang sedang dihadapi. Olahraga tidak harus dalam durasi yang lama. Kita cukup melakukannya 30 menit dalam sehari secara rutin. Olahraga yang aku lakukan biasanya adalah yoga dan jogging di pagi hari. Aku biasa melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu dan dengan intensitas waktu minimal 30 menit.

6. Menulis

Bagiku menulis merupakan sarana untuk mencurahkan apapun perasaan atau pikiran yang sedang aku hadapi. Menulis merupakan proses penyembuhan diri dari masalah. Ketika aku menuangkan pikiran atau perasaan yang sedang dialami lewat menulis maka itu dapat membantuku menenangkan pikiran. Menulis tidak harus sesuatu yang rumit. Cukup sesuatu yang membuat kita nyaman untuk menulis dan dapat membantu kita mengurangi beban yang sedang dialami. So, lets try it and if it works to you too, do it everyday.

7. Make a bed 

Membersihkan tempat tidur mungkin bagi sebagian orang bukanlah hal yang penting. Namun, menurutku membersihkan tempat tidur adalah salah satu bentuk kegiatan produktifitas yang harus aku lakukan setiap pagi. Sebab,  setelah seharian aku merasakan lelah beraktifitas maka pada sore harinya aku bisa langsung istirahat dengan nyaman di tempat tidur. Tempat tidur yang rapi dan bersih membuatku merasa lebih baik ketika pulang daripada tempat tidurku yang masih berantakan.  

Comments

  1. Ya ampun.. Dambaan banget bisa memulai hari dengan mindful morning routine. Tapi apah lah hidupkuh sebagai deadliners yg selalu begadang. Pagi hari selalu gerabak gerubuk ngurusin seisi rumah dengan low energy #sigh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhaha gak juga kok mbak. saya juga masih berusaha untuk pertahanin morning routine ini. setidaknya coba dengan yang sederhana dulu mbak hehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts