Pentingnya memiliki rasa tanggung jawab


Sebagai seorang siswa yang sudah memulai ajaran baru dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ), aku merasakan banyak perbedaan dan menemui banyak kendala. Termasuk beradaptasi dengan jam belajarku yang seratus persen berada di rumah. 

Tanggung jawab untuk belajar dan konsisten mengikuti pelajaran jauh lebih besar ketimbang belajar di sekolah. Sebab aku terbiasa “menggunakan” rumah sebagai tempat untuk istirahat dan melepas penat, sehingga pada awal awal pembelajaran aku lebih cenderung bermalas-malasan .

Awal-awal doang, kak? Alhamdulillah, IYA . Soalnya saat ini aku sudah mulai bisa beradaptasi dan membagi waktu dengan baik antara sekolah, organisasi, dan me time. Meskipun belum benar benar “ambis” setidaknya aku sudah memiliki tanggung jawab untuk diri sendiri sebagai seorang siswa.
 
Namun, saat aku membuka media sosial, banyak teman teman seumuranku yang mengeluh karena kesulitan memahami materi pembelajaran dan menjadi malas mengikuti PJJ. Sebelum aku menyampaikan pendapatku tentang premis tersebut, aku ingin menyampaikan dulu bahwa aku paham betul tidak semua anak memiliki privilege seperti yang aku punya sekarang. Aku mengerti bahwa ada teman teman di luar sana yang memiliki keterbatasan dalam mengakses materi onine. 

Jadi, disini aku ingin membicarakan khusus untuk teman teman yang mampu mengakses materi PJJ secara online dibarengi dengan privilege mereka. Privilege yang aku maksud disini adalah mudah dalam mengakses materi dan tidak terkendala fasilitas maupun biaya dalam melakukan PJJ. 

Dilihat dari masalah yang dikeluhkan teman teman sebayaku tersebut, aku melihat mereka memiliki persamaan yang hampir mirip denganku di awal PJJ. Mereka memiliki cukup privilege tetapi belum mempunyai rasa tanggung jawab yang besar sebagai seorang siswa untuk belajar. Mereka hanya mengeluhkan sistem yang kurang mendukung untuk memhami pelajaran. Namun, tidak memulai membuat langkah strategis atau langkah yang efisien untuk membantu memahami pelajaran saat PJJ.

Padahal aku lihat banyak juga anak anak yang kekurangan fasilitas untuk mengikuti PJJ namun masih semangat untuk belajar dengan cara apapun (yang pasti dengan cara yang baik)
  
So, maka dari itu ayo mulai dari diri sendiri untuk mengatasi masalah yang sekiranya bisa dilakukan sendiri. Jangan hanya protes sana sini tetapi tidak ada tindakan nyata untuk overcome it.🤗

Comments

Popular Posts