Build your personal brand



Citra baik seseorang tentu sangat berpengaruh besar terhadap pandangan masyarakatnya. Baik itu dalam dunia nyata ataupun maya kita harus membangun karakter positif pada diri kita yang akan dikenalkan kepada orang lain. Hal tersebut biasa kita sebut personal branding. Personal branding itu berarti perilaku aktif kegiatan pemasaran untuk mengangkat citra diri seseorang. Personal branding ini masih ada sangkutpautnya dengan salah satu sifat dasar manusia yang ingin diakui keberadaannya. Manusia ingin apa yang dilakukan itu mendapat perhatian orang lain secara positif.
 
Dalam personal branding, seseorang perlu meningkatkan skill, membiasakan habit atau perilaku positif, dan memahami value yang akan dilakukan atau dicapai demi tujuan yang ingin diraihnya. Tujuan dibangun personal branding pada tiap diri adalah :
1.  Memperkenalkan citra diri seseorang
2.  Memudahkan orang lain mengingat siapa kita
3. Memfokuskan diri pada hal yang ingin dicapai

Cara memiliki personal branding yang baik dimulai dari membiasakan perilaku positif di kehidupan sehari hari. Agar ketika kita dibicarakan orang lain, pembicaraan tersebut mengarah ke hal yang positif juga. Namun sebelum itu ada dua hal penting yang mendasari perilaku positif yang ingin dilakukan yakni “who are you?” dan “what you believe?”. Jawaban dari dua pertanyaan tersebut harus segera kita tentukan sebelum ingin memulai personal branding. Kita juga harus menentukan visi dan passion yang sesuai dengan pribadi kita. Agar ketika mulai membangun personal branding, kita sudah memiliki tujuan dan arah yang jelas mau seperti apa kita di mata orang lain, juga langkah apa yang akan direalisasikan dalam personal branding tersebut. 

Dalam personal branding juga perlu adanya konsep diri. Konsep diri adalah sekumpulan persepsi dan kepercayaan mengenai diri yang terorganisir dan konsisten. Konsep diri terdiri dari 3 komponen yakni harga diri, self image, dan ideaself. Self image/ realself adalah cerminan diri yang kita tangkap (diri yang sebenarnya). Self image berhubungan dengan pertanyaan diatas yakni “who are you?”. Jadi intinya kita perlu mengenali diri sendiri terlebih dahulu sebelum memulai personal branding. Yang kedua, ideaself yakni diri yang kita inginkan. Dan hubungan antara ketiga komponen konsep diri adalah semakin dekat realself dan ideaself maka semakin tinggi self worth (menghargai diri), begitu pula sebaliknya. Jadi pada dasarnya, personal branding itu selain membangun kesan positif dan pribadi yang diinginkan pada diri kita, kita juga perlu memerhatikan jati diri kita sebenarnya dan harga diri yang kita punya. Sehingga antara pandangan orang lain terhadap kita dan pandangan kita terhadap diri sendiri tidak jauh berbeda.


Comments

  1. apa yg kita tanam itu yg kita tuai, sama halnya dengan pribadi diri seseorang,, kalau kita berpikiran maupun berperilaku positif maka orang lain akan berperilaku baik juga ke kita.

    ReplyDelete
  2. Entah personal branding saya kayak gimana, pokoknya ya gini. Kadang pengen bikin personal branding yang posiyif dan keren, tapi kadang mada bodoh😁😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts