Sederhana yang terlupakan

Maaf, tolong, dan terima kasih. Kata yang sudah jarang diucapkan oleh orang orang di society ku. Tiga kata yang dianggap tidak penting dan lalu. Padahal bagi sebagian orang, kata kata tersebut sangat berarti bagi mereka apalagi jika diucapkan dengan tulus. Namun sebelumnya, sebenarnya apasih makna dari kata kata tersebut?
Maaf dalam kamus kbbi salah satunya  adalah ungkapan permintaan ampun atau penyesalan.  Bagiku kata maaf adalah kata yang bisa menghancurkan ego seseorang. Yang sedang bertengkar, yang sedang mendendam, yang merasa tidak dihargai maka mungkin hatinya akan lega dan tak menyimpan rasa yang buruk lagi dengan seseorang yang mengucapkan hal  tersebut. Namun, yang aku juga sayangkan di saat ini adalah kata kata maaf yang tidak bisa diucapkan dengan baik seperti, “maap” ataupun “sorry” . Bagiku,  ketika seseorang mengatakan kata maaf seperti itu hatinya tidak benar benar tulus mengatakannya. Mungkin boleh dibilang aku orang yang take it personal alias baperan. Namun, aku akan sangat menghargai dan menerima permintaan maafnya dengan tulus juga jika seseorang bisa mengatakan “maaf” dengan baik dan benar.
Terima kasih dapat berarti rasa syukur dan berterimakasih berarti membalas budi setelah menerima kebaikan.  Aku  sangat senang dan bersyukur jika ternyata masih banyak orang yang mengucapkannya. Karena kenyataannya, di lingkungan tempatku berada kata tersebut jarang sekali kudengar. Aku merasa tidak dihargai dan dianggap enteng  jika seseorang tidak berterimakasih atas budi baik yang kulakukan. Bukannya aku berego tinggi atau merasa menjadi yang paling hebat. Namun, aku hanya ingin dihargai sebagaimana semestinya, ingin dihargai sebagai manusia, meskipun itu adalah temanku sendiri.
Tolong adalah kata ketika kita meminta bantuan orang lain. Menurutku dari ketiga kata yang jarang diucap, kata tolong merupakan bagian teratasnya. Aku pun juga terkadang melupakan kata yang satu ini. Namun, aku selalu berusaha untuk mengucapkan "tolong" ketika meminta bantuan kepada seseorang. Sebab, akan lebih sopan juga tulus jika kita bisa mengucap kata ini sebelum meminta tolong kepada orang lain.
Lalu, apa yang membuat banyak dari masyarakat yang mulai melupakan kata kata ini?
1.Menganggap sudah teman dekat
2.Merasa akan dimaklumi jika tidak mengucapkan kata tersebut
3.Merasa bahwa orang terdekat sudah mengerti akan maksudnya.
4.Karena tidak ingin dianggap berlebihan
Dan masih banyak lagi penyebabnya, yang mungkin dari pengamatanku kurang. Padahal salah satu definisi menjadi manusia menurutku adalah bisa menghargai dan sopan terhadap sesama. Either they are younger or older. Baik itu temen dekat kita atau enggak, menghargai itu penting. Sebab, kita hidup di tempat dengan miliaran rasa dan sifat di dalamnya. Kita harus memaklumi perbedaan juga perasaan seseorang. Sebab, tiap orang pasti mempunyai cara pandang yamg berbeda. Namun, satu hal yang pasti bahwa jika kita ingin dihargai maka hargailah seseorang.  Usahakan mencoba meski terlihat sulit ya. Coba perlahan lahan jika kalian memang berat atau canggung jika mengatakannya. Yuk, coba memulai dari satu kata yang menurut kalian mudah. Usahakan untuk mengatakan kata tersebut setiap hari saat konteks nya tepat. Setelah sudah terbiasa, lanjut ke kata yang lainnya.

Comments

Popular Posts